Ngampel-wetan - Desa Ngampel Wetan Raih Penghargaan Desa Tercepat dalam Pelunasan PBB-P2 Tahun 2022

Desa Ngampel Wetan Raih Penghargaan Desa Tercepat dalam Pelunasan PBB-P2 Tahun 2022

Desa Ngampel Wetan di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, meraih prestasi gemilang dalam pelunasan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) tahun 2022. Mereka berhasil memperoleh penghargaan sebagai Desa Tercepat dalam pelunasan pajak tersebut. Dalam acara penyerahan penghargaan yang dihadiri oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto B.Sc, Kepala Desa Ngampel Wetan, Abdul Malik, mengungkapkan kebanggaannya atas kesadaran dan kedisiplinan masyarakat setempat dalam membayar PBB-P2.

Abdul Malik berharap agar kesadaran dan kedisiplinan tersebut tetap terjaga, dan masyarakat Desa Ngampel Wetan terus melunasi pajak dengan tepat waktu. Menurutnya, pembayaran PBB-P2 adalah kewajiban bagi warga yang memiliki tanah dan bangunan di desa tersebut. Penghargaan yang mereka terima merupakan hasil kerja keras dan kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajiban tersebut.

Ketua BUMDes “Berkah Sejahtera” Desa Ngampel Wetan Bersama pengurus berharap program “Laku-Pandai” dapat

memberikan manfaat kepada masyarakat dan meningkatkan pendapatan desa

Selain itu, Desa Ngampel Wetan juga dipilih sebagai pilot project program "Laku Pandai" yang melibatkan Bank Jateng. Program ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam berhubungan dengan layanan keuangan, terutama bagi yang belum memiliki rekening bank. Melalui peran BUMDes di desa tersebut, masyarakat dapat melakukan pembayaran pajak daerah, termasuk PBB, dengan lebih mudah.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto B.Sc, menyambut baik peluncuran program Laku Pandai dan mendorong masyarakat untuk memanfaatkannya. Ia berharap program ini dapat membantu masyarakat dalam pembayaran pajak, terutama bagi yang sulit mengakses layanan perbankan karena jarak yang jauh.

Abdul Wahab, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kendal, menjelaskan bahwa pemilihan BUMDes sebagai agen Laku Pandai didasarkan pada kemampuannya dalam melayani pembayaran pajak daerah. Saat ini, terdapat tujuh BUMDes yang menjadi pilot project Laku Pandai di Kabupaten Kendal.

Medi Santoso, Pemimpin Bank Jateng Cabang Kendal, menjelaskan bahwa Laku Pandai adalah layanan yang disediakan oleh Bank Jateng melalui agen-agen yang bekerja sama. Tujuan program ini adalah memudahkan masyarakat dalam berhubungan dengan layanan keuangan, terutama mereka yang belum akrab dengan perbankan.

Kerjasama antara Bapenda, Bank Jateng, dan BUMDes diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Desa Ngampel Wetan. Kehadiran program Laku Pandai di desa tersebut diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan membantu pemenuhan kebutuhan keuangan mereka.

Dalam keseluruhan, keberhasilan Desa Ngampel Wetan dalam pelunasan PBB-P2 dan peran mereka sebagai pilot project Laku Pandai menunjukkan pentingnya kesadaran, kedisiplinan, dan inovasi dalam pembayaran pajak serta pelayanan keuangan kepada masyarakat. Prestasi ini menjadi inspirasi bagi desa-desa lainnya untuk meningkatkan kesadaran pajak dan memanfaatkan layanan yang memudahkan dalam bertransaksi keuangan.


Dipost : 24 Mei 2023 | Dilihat : 314

Share :

s